Alhamdulilah Balitaku Khatam Al-Quran

Judul: Alhamdulilah Balitaku Khatam Al-Quran
Penulis: Dr. Sarmini, Lc. MA
Penerbit: Khazanah Intelektual
ISBN: 978-979-3838-40-3
Halaman: xxii + 180
Harga: Rp 57.000,-

"Didiklah anak-anak kalian tiga perkara, yaitu cinta pada nabinya, cinta pada ahlul bait, serta cinta membaca Al-Quran". (H.R. Ad Dailamy dari Imam Ali)

Dalam hadist di atas Allah SWT memerintahkan setiap orangtua untuk mendidik dan melakukan usaha agar anak-anaknya cinta membaca Alquran. Mengajarkan Al-Quran pada anak tidak cukup sampai anak bisa membacanya. Tetapi, mengajarkan Al-Quran yang sempurna adalah bagaimana membimbingnya untuk mencintai Al-Quran, membacanya setiap hari, memiliki target prestasi dengan Al-Quran, dan senang berinteraksi dengan Al-quran. Karena mencintai Al-Quran itu lebih utama dari sekedar bisa membacanya.

Buku ini disusun berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan penulis dalam membimbing anak-anaknya untuk mau berinteraksi dengan Al-Quran setiap hari. Karena azzam yang kuat, konsisten dan istiqomah dalam mendidik anak-anak, ketiga putri penulis dapat khatam Al-Quran di usia balita. Putri pertamanya, khatam Al-Quran pada usia 4 tahun 9 bulan 18 hari, putri kedua khatam pada usia 4,5 tahun dan putri ketiga khatam di usia 3 tahun lebih. Subhanallah.

Menurut penulis, ketika anak sudah bisa mengucapkan dua suku kata maka orangtua dapat memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak. Metode yang dipakai sangat alami sesuai kemampuan anak dan tanpa paksaan. Misalnya, pengenalan huruf hijaiyah dimulai dari yang mudah diucapkan, menempelkan huruf-huruf hijaiyah di tempat yang sering dilalui anak, perbanyak reward dan minimalkan punishment, sertakan anak ketika membuat alat peraga Alquran, dan sebagainya.

Kendala dalam memperkenalkan Al-Quran pada anak tentu ada. Tapi tidaklah Allah memerintahkan sesuatu pada manusia kecuali kita mampu melakukannya. Di buku ini diceritakan solusinya jika kendala datang.

Bahasa yang dikemas dalam buku ini adalah gaya bercerita penulisnya yang membuat kita seolah sedang mengobrol santai, tanpa digurui apalagi dicekoki. Secara garis besar buku ini akan menuntun kita tentang:
  • Keutaman mengajarkan Al-Quran pada anak
  • Membuat anak keranjingan membaca Al-Quran,
  • Merancang program Al-Quran untuk anak
  • Menanamkan rasa bangga pada anak karena berinteraksi dengan Al-Quran,
  • Mengenalkan hukum tajwid dengan bahasa yang mudah diserap oleh anak.
Ketika anak belajar Al-Quran, bukan saja pahala belajar dan membacanya yang dia dapat. Tetapi juga insyaAllah pahala untuk orangtua yang mengajarkannya. 


*Resensi diikut sertakan dalam lomba Islamic Reading Challenge (IsRC) 2015


Catatan:

Akan dilaksanakan Seminar "Alhamdulillah Balitaku Khatam Alquran" dengan ketentuan sebagai berikut:

Waktu: Sabtu, 21 Maret 2015 # 08.00-15.00
Tempat: Sekolah Alam Bintaro
Pembicara : DR. Sarmini Lc, MA. (Penulis buku best seller "Alhamdulillaah, balitaku khatam Al Qur'an)
Harga tiket : Rp. 15.000 , Rp. 25.000 atau Rp. 50.000 (pilihan).Tiket sudah termasuk snack, makan siang dan sertifikat.
Dapatkan bukunya dengan harga diskon
Dapatkan Tiket di : Rany (wa/sms 081934197658)

Buku ini bisa juga dipesan di blog ini  sebelum tanggal 21 Maret 2015 dengan harga Rp 50.000 (belum ongkos kirim). SMS/WA 087809652377.


Comments

  1. subhanalloh,itu anak-anaknya hebat banget diumurnya yang masih balita sudah khatam al-qur'an.pasti acaranya memotivasi mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah saya pernah ikut acaranya..sekarang seminarnya ada lagi...

      Delete
  2. subhanallah saya yang sudah dewasa aja sulit menghapal mba, terimakasih infonya semoga menjadi pemecut khususnya saya pribadi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah