Review Buku Komik Fiqih Untuk Muslim Cilik

Judul: Komik Fiqih Untuk Muslim Cilik

KomikusL Nur Fajriatin & Dinni Tresnadewi

Penerbit: Ihsan Comic, Penerbit Ihsan Media

Tahun: 2021

Tebal: 60 halaman

ISBN: 978-623-6887-13-4


Ayo umat Islam, tahu tidak apa pengertian fiqih? Pengertian fiqih menurut wikipedia adalah pengetahuan manusia mengenai praktik ibadah berdasarkan syariat yang disebutkan Alquran dan Sunnah. Jadi setiap umat Islam hendaknya belajar terus mengenai fiqih agar bisa beribadah yang sesuai dengan Alquran dan Sunnah.

komik fiqih untuk muslim cilik


Mengenalkan fiqih pada anak-anak bisa melalui berbagai media, seperti halnya mengenalkan anak pada ilmu lainnya. Salah satunya melalui buku komik. Buku Komik Fiqih Untuk Muslim Cilik ini bisa kita gunakan untuk memperkenalkan ilmu fiqih pada anak, berkaitan dengan ibadah-ibadah yang sering kita lakukan sehati-hari. 

Mengapa melalui komik? Karena anak-anak biasanya lebih senang diberikan ilustrasi yang menarik ketika diberikan informasi sehingga mereka akan lebih mudah dan menyenangkan dalam menerima informasi.


komik fiqih untuk muslim cilik


Ada banyak hal mengenai ilmu fiqih yang dibahas di buku ini, yaitu mengenai Taharah. Tayamum, Salat, Puasa, Khitan, zakat, haji, kurban, makanan halal dan haram, serta pinjam meminjam. Semuanya disajikan dalam bentuk komik dengan berbagai cerita yang menarik dan penuh warna. Cerita juga disertai pemaparan yang singkat mengenai bab yang dibahas disertai dengan dalilnya dari Alquran maupun Hadist.

Tokoh-tokohnya ada Zaki, Hasna, Amir, ayah, ibu, dan Wak Haji. Cerita yang disajikan merupakan cerita kehidupan sehari-hari dan berkaitan dengan fiqih. Tokoh Wak Haji sering diceritakan sebagai sosok yang suka memberi nasihat agama mengenai fiqih kepada para tokoh lainnya.

Misalnya dalam bab mengeia Taharah, diceritakan bahwa Zaki terlmabat shalat berjamaah di mesjid. Karena buru-buru, dia tidak memperbarui wudhunya. Setelah shalat, barulah Zaki tahu bahwa kakinya kotor setelah teman-temannya memberitahunya. Wak Haji yang melihat tersebut lalu mengingatkan Zaki agar Zaki sebaiknya berwudhu lagi dan mengulang shalatnya karena bisa saja saat hendak ke mesjid Zaki menginjak kotoran sehingga shalatnya tidak sah.


komik fiqih untuk muslim cilik


Dalam cerita tentang Tayamum, diceritakan bahwa Zaki menemukan bangkai binatang di bak mandinya, sehingga air di bak mandi menjadi bau dan tidak bisa dipakai untuk bersuci. Namun ibu mengingatkan untuk tidak khawatir karena tetap bisa shalat dengan terlebih dulu bertayamum. Dijelaskan juga seara singkat niat untuk tayamum, syarat tayamum, dan penjelasan lainnya mengenai tayamum.

Cerita mengenai fiqih lainnya bisa ditemukan di buku Komik Fiqih Untuk muslim Cilik ini ya. Belajar fiqih jadi lebih menyenangkan tentunya untuk anak kita.

Comments

Popular posts from this blog

Membangun Istana di Surga

Pemenang Giveaway Buku Departemen Hati