Belajar Bahasa Inggris Melalui Komik Peterpan

Judul: Bilingual Comics WOW! Peter Pan
Penulis: JM. Berrie
Editor: SangsangGongjang
Ilustrator: Kang Sung-nam
Kreator isi: Kwon Suk-hyang
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tahun: 2012
Tebal: 115 halaman
ISBN: 978-979-074-896-5

Peterpan adalah anak yang tinggal di Neverland, tempat dimana anak-anak tak pernah dewasa. Suatu malam, Peterpan menyelinap ke kamar 3 bersaudara Wendy, Michael dan John dan meninggalkan bayangannya di kamar 3 bersaudara tersebut. Saat hendak mengambil bayangannya, Peterpan mengajak Wendy, Michael dan John untuk mengunjungi Neverland. Peterpan juga membujuk Wendy untuk menjadi ibu bagi anak-anak di Peterpan karena mereka tidak mempunyai ibu di sana.

Di Neverland, para bajak laut ternyata menangkap anak-anak dan putri dari pemimpin suku Indian. Kapten Hook sang pemimpin bajak laut memiliki dendam kesumat pada Peterpan karena Peterpan berhasil memotong tangannya dan melemparkannya pada buaya. Peterpan pun datang menyelamatkan putri dari pemimpin suku Indian dan anak-anak Neverland. Lagi-lagi Kapten Hook kalah setelah dan terlempar ke laut.

***


bilingual comics peterpan

Itulah cerita singkat tentang Peterpan. Kita semua pasti sudah mendengar cerita tentang Peterpan karena seringkali kartun tentang Peterpan menghiasi layar televisi di rumah. Cerita tentang Peterpan juga sudah lahir sejak lama. Penulisnya, James Matthew Barrie, menerbitkan cerita tentang Peterpan tahun 1911 dan cerita Peterpan terus diingat oleh semua orang sampai sekarang.

Peterpan diangkat lagi sebagai salah satu seri dalam bilingual comics WOW!. Selain Peterpan, seri bilingual comics WOW! lainnya adalah cerita-cerita populer dunia seperti Hansel and Gretel, Pinocchio, Snow WHite, Cinderella, The Little Princess, The Litte Mermaid, The Ugly Duckling, dan lain-lain.

Pada halaman-halaman awal, terdapat  berbagai panduan, diantaranya adalah panduan tentang:
  1. Cara terbaik belajar Bahasa Inggris bersama bilingual comics WOW! Salah satunya adalah dengan mendengarkan ceritanya juga melalui CD yang merupakan satu paket dengan buku.
  2. Panduan untuk orangtua agar memahami berbagai fakta dan kesalahan dalam belajar bahasa Inggris. Menurut John Golden, pakar ESL berkewarganegaraan Amerika, bahasa Inggris sebaiknya dipelajari setelah sistem bahasa Ibu sudah terbentuk (halaman vi).
  3. Bermain peran dalam Bahasa Inggris, manfaatnya adalah meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa  Inggris.
Cerita Peterpan sendiri dibagi atas 5 bab. Pada setiap bab terdapat cerita bergambar dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris (halaman kiri) dan Bahasa Indonesia (halaman kanan). Pada setiap halaman kanan dari cerita bergambar terdapat kosakata baru dan tips yang bisa dipelajari anak. Misalnya saja tips tentang onomatope, yaitu kata tiruan bunyi dalam bahasa Inggris (halaman 9). Misalnya bubble bubble (suara gelembung), choo choo (suara ayam), tsk tsk (suara lidah dikecap), honk honk (suara klakson), dan sebagainya.
 
peterpan
 
Pada setiap akhir bab, terdapat berbagai permainan berbahasa Inggris untuk anak, misalnya teka teki silang, permainan tali, membuat kalimat dalam bahasa Inggris dan latihan berbicara dalam bahasa Inggris. Jangan khawatir salah menjawab, karena ada kunci jawabannya di halaman 112.

Tak hanya belajar bahasa Inggris, melalui bilingual comics WOW! seri Peterpan ini anak juga bisa belajar sejarah loh. Di akhir halaman diceritakan sejarah singkat penulis Peterpan dari mulai lahir sampai meninggal. Ternyata dibalik kesuksesannya sebagai penulis, kehidupan pribadi JM Barrie tidak membahagiakan. Kakaknya meninggal karena kecelakaan dan menyebabkan sang ibu depresi. Untuk mendapat kasih sayang dan perhatian ibunya kembali, Barrie memakai pakaian kakaknya. Kesedihan Barrie mempengaruhi pertumbuhannya sehingga tingginya tidak mencapai lebih dari 150 cm (halaman110). 

Disertai ilustrasi yang menarik dan warna-warni, anak pasti suka belajar bahasa Inggris melalui komik. Mungkin sebagian anak akan melewati bagian yang ia tak suka, misalnya bagian cerita bergambar dalam Bahasa Inggris (sst, seperti anakku..). Oleh karena itu, tugas pendamping (orangtua, kaka, guru, dan sebagainya) untuk memberitahu apa yang ingin diketahui anak, memberinya semangat, atau 'mengomporinya'. Misalnya saja pendamping ikut mendampingi membaca komik dan memberikan komentar seperti, "Ooh..ternyata kata "pada zaman dahulu" dalam bahasa Inggris itu bisa macam-macam seperti long long ago, once upn a time, a long time ago, long ago,..." Percaya deh, biasanya 'gosip positif' bisa memancing rasa ingin tahu anak untuk mencari tahu lebih banyak tentang suatu hal.

Comments

  1. Selain buat anak, buat emak2 yg bhs inggrisnya gratul2 kyk saya jg bagus kyknya nih komik hehe TFS mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa bener banget, saya baru tau loh namanya onomatope :)

      Delete
  2. Hihi aku mau suruh adek aku belajarnya mulai dari komik ah. Thanks Bun. Btw, udah ikutan lomba blog dari Paybill.id? Kalo liat hadiahnya menarik2 lah lumayan loh bun hehe ini linknya kalo mau ikut http://bit.ly/SatuBlogPaybill

    ReplyDelete
  3. Nah, ini saya banget! komik memang banyak manfaatnya ya~ :D

    ReplyDelete
  4. Memang kita harus rajin membaca, menonton dan meniru ucap.an-ucapan dari tokoh-tokoh di buku, atau nonton film dengan tidak seluruhnya melihat textnya.

    ReplyDelete
  5. ya ampun hana ngga nyangka kalau pengarang peter pan hidupnya tragis :O
    makasih sharingnya mba kania :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Istri dan Suami Yang Dirindukan Surga