29 Hari Melakukan Pemberian



Judul: 29 Gifts Keajaiban Memberi, 29 Hari Yang Mengubah Hidup Untuk Selamanya
Penulis: Cami Walker
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun 2010
Halaman: 279
ISBN: 978-979-22-6046-5

Sewaktu berusia 31 tahun dan baru seulan menikah, Cami Walker didiagnosis menderita penyakit Multipel Sklerosis, yaitu penyakit autoimun yang menyebabkan kerusakan saraf tulang belakang. Cami yang awalnya seorang pekerja keras di sebuah biro iklan pun akhirnya berhenti bekerja. 

Penyakit itu meruntuhkan semangat Cami. Selama 2 tahun sesudahnya, ia hidup dalam kepahitan, mengisolasi diri, dan kecanduan obat-obatan penghilang rasa nyeri. 

Setelah bolak-balik masuk rumah sakit gara-gara kambuh dan gagalnya detoks yang dijalaninya, ia menuruti nasehat seorang penyembuh untuk memberikan pemberian selama 29 hari. Meski heran, Cami beranggapan tak salah untuk mecoba saran itu. 


Cami pun mulai melakukan pemberian dari hari ke hari, tak hanya materi namun juga ilmu dan waktu. Cami menelepon dan menemani temannya yang sama-sama menderita multiple Sklerosis. Cami memberikan makan siang untuk pengemis. Cami membelikan hadiah sederhana untuk neneknya yang berulang tahun. Cami merelakan celana jeans barunya didonasikan, dan pemberian-pemberian lainnya.

Dari hari ke hari, Cami pun merasakan pemberian itu berpengaruh pada pekerjaannya, kehidupan rumah tangganya, terapi pengobatan penyakitnya serta upayanya untuk lepas dari kecanduan obat. Cami pun mengetahui bahwa dengan memberi, ia pun membuka diri untuk menerima.

***


Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”  (QS Al Baqarah, 2: 261)

”Katakanlah, ’Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.’ Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik.” (QS Saba, 34: 39)

Ada beberapa ayat dalam Alquran tentang melakukan pemberian, salah duanya ayat di atas. Allah SWT sudah berjanji dalam Alquran untuk mengganti apa yang kita berikan di jalan Allah. Terkadang, dalam bentuk yang tak kita duga. 

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa dengan melakukan hal positif seperti memberi dengan ikhlas, bisa memberikan dampak yang positif juga terhadap tubuh. Misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, memperpanjang usia, dan menghindari stress. 

Kisah Cami Walker dalam buku ini dapat memotivasi pembaca untuk melakukan pemberian atau sedekah. Dalam buku ini, Cami melakukan pemberian dengan sadar dan disertai niat. Niat memang sangat penting dan mendasari suatu perbuatan. 

Sebuah hadist Rasulullah SAW mengatakan bahwa setiap perbuatan tergantung niatnya. Jika kita berniat memberi dengan harapan mendapatkan pemberian lagi, mungkin itu yang akan kita dapat. Seorang muslim dan muslimah hendaknya melakukan pemberian atas niat mendapat ridho Allah SWT. Dengan begitu, Allah SWT pun akan meridhoi semua langkah kita. Wallahua’lam.



Comments

  1. postinganya sangat bermanfaat. terimakasih

    ReplyDelete
  2. Buku yang sangat inspiratif ya mbak...Allah akan melipatgandakan rezeki kita bila kita ikhlas memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan, tentunya atas ridhoNya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah