Usia 63 dan Masih Terus Berkarya

Judul: Dari 63 Menuju 1
Penulis: Abdul Cholik
Penerbit: Sixmidad
Tahun: Agustus 2013
Halaman: 98
ISBN: 978-602-97964-8-3

Blogger mana yang tidak mengenalnya. Bapak yang pernah menjadi perwira ini bernama Abdul Cholik dan lebih akrab dipanggil pakde. Beliau mengakhiri darma baktinya tahun 2006 dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI. Saat ini, beliau mengelola puluhan blog.

Buku berjudul "Dari 63 Menuju 1" merupakan kumpulan tulisan yang pernah beliau tulis di blog. Buku ini berisi pemikiran dan pengalaman penulis tentang berbagai hal dalam hidup.

Dalam tulisan berjudul "Tuhan Tak Pernah Ingkar Janji" (halaman 10), penulis menceritakan pengalamannya tentang janji Tuhan dalam memberikan rejeki pada hamba-Nya yang berusaha. Penulis selalu menyempatkan shalat Dhuha agar rejekinya lancar. Beberapa waktu kemudian, Tuhan menjawab doanya dengan terbitnya sebuah buku hasil karyanya.

Tulisan lain berjudul "Orang Gagah Ingin Kembali Ke Tanah suci" (halaman 16) menceritakan pengalaman penulis saat awal mula ketertarikannya menjadi tentara. Ternyata, awalnya penulis senang jika berpenampilan gagah. Walau pangkatnya semakin tinggi, beliau selalu berusaha tidak sombong. Setelah pensiun, beliau dapat menunaikan haji ke Tanah Suci bersama istri. Sejak itu, beliau selalu ingin kembali ke sana.

Ada juga tulisan tentang tips menulis dari Penny Knutson yang dikutip penulis (halaman 28).Tiga strategi menulis menurut Penny adalah: Tentukan apa yang hendak anda tulis, tulis kerangka atau judul saja, dan pegang teguh tujuan menulis selama 20 menit per hari. Penulis memotivasi pembaca agar mencoba tips tersebut.

Banyak tulisan lain dalam buku ini yang sangat inspiratif.
Ada pelajaran tentang tetap berbaik sangka pada orang lain (halaman 38). Penulis juga memberikan banyak tips, diantaranya tips menghadapi pesawat yang terlambat berangkat (halaman 43), tips memanfaatkan hari Minggu lebih seru (halaman 50), tipa cara menikmati hidup (halaman 60), dan sebagainya.

Semua tulisan ditulis dengan ringan dan sederhana, sesederhana covernya yang berwarna biru. Ukuran buku yang sedang juga memungkinkan untuk dibawa kemana-mana sehingga bisa dibaca sambil menunggu kendaraan atau menunggu anak pulang sekolah.

Angka 1 dalam judul buku, merupakan pengingat bahwa semua orang (termasuk penulis) bergerak menuju Yang Maha Esa. Sedangkan 63 adalah usia penulis pada Agustus tahun 2013 saat menyelesaikan buku ini. Penulis ingin kembali dengan berbagai prestasi baik besar maupun kecil. Hal ini InsyaAllah akan mendorong pembaca yang usianya lebih muda untuk lebih bersemangat dalam berkarya. Masa kalah sama pakde!!!!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Istri dan Suami Yang Dirindukan Surga