Laguna

Judul: Laguna
Penulis: Iwok Abqary
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 232 halaman
ISBN: 978 602 03 0053 5

Neta adalah manajer divisi marketing Blue Lagoon, sebuah resort di Pulau Bintan, sekaligus putri pemilik resort. Selain untuk bekerja, ia datang dari Jakarta ke Pulau Bintan untuk lari dari seorang lelaki di masa lalu yang meninggalkan luka di hatinya.

Satu hari, Neta datang terlambat ke kantor dan didamprat general manager baru. Mm, padahal hal itu sudah biasa sih dilakukan Neta. Selain karena ia putri pemilik resort, juga karena divisi marketing kadang jam kerjanya tidak tentu.




Oh ya, Neta baru sadar kalau ada general manager baru. Neta memang tidak hadir saat hari pertama general manajer itu datang, karena ia sedang berlibur. Mark, nama general manajer baru Blue Lagoon. Perawakannya tegap dengan paras agak bule, karena ia memang blasteran indonesia dan Inggris.

Sejak kedatangan Mark ke Blue Lagoon, Neta sering sekali kena damprat Mark. Karena terlambat masuk kantor lah atau karena target kerja tidak tercapai. Neta heran dan kesal karena perlakuan kasar Marka hanya ditujukan pada dirinya. Pada orang lain, Mark bersikap wajar. Tindakan Mark jelas membuat Neta meledak-ledak.

Neta semakin kesal saat Mark ikut rombongan divisi marketing melakukan sales call ke Jakarta dan Bandung. Itu artinya, Neta akan bersama-sama selama 3 hari penuh dengan orang yang dibencinya!

Namun, satu peristiwa terjadi saat kunjungan Neta, Mark dan divisi marketing ke sebuah perusahaan besar dimana mereka akan melakukan sales call/presentasi tentang Blue Lagoon. Neta bertemu dengan satu sosok dari masa lalunya di kantor tersebut. Galang, sosok itu, sudah jadi orang penting di perusahaan yang Neta datangi itu. Dulu, Galang adalah mantan kekasih Neta. Mereka berpisah karena Galang tak juga memberi kepastian tentang hubungan mereka.

Galang dan Neta sama-sama kaget saat bertemu. Neta, karena kelelahan dan ditambah kaget melihat Galang yang pernah menyakiti hatinya, jatuh pingsan seketika dan dilarikan ke rumah sakit oleh Mark.

Bagaimana kisah kelanjutan Neta? Akankah cinta Neta dan Galang kembali terajut atau sebaliknya? Apa yang melatarbelakangi Mark bersikap kasar pada Neta? Kelanjutan kisah mereka hanya ada di buku ini.

***

Kisah cinta memang selalu tak ada habisnya untuk dibahas. Novel roman karya Iwok
Abqory menceritakan kisah cinta dengan segala emosi di dalamnya dan latar belakang dunia wisata yang menarik. 

Saya mencoba menguraikan beberapa hal yang menarik dari novel ini.

1. Setting

Novel ini bersetting di salah satu resort di Pulau Bintan yang indah. Gambaran keindahannya bisa dirasakan dari birunya air laut, hembusan angin dan udara laut, pasir dan pepohonan yang digambarkan lewat kata dalam novel ini. Selain Pulau Bintan, Jakarta juga menjadi setting cerita novel.

2. Karakter

Karakter orang yang jatuh hati dan menenggelamkan diri dalam bekerja sangat wajar, dan malah positif daripada bunuh diri atau meratap. Juga wajar ketika Neta kesal karena merasa diperlakukan kasar oleh Mark. Aaah, dimana-mana wanita mah kan inginnya diperlakukan manis atau kalau nggak ya yang wajar-wajar aja. Yang tak wajar itu tingkah Mark yang kasar dan dingin pada Neta, yang ternyata ada maksud si balik itu. Karena sebenarnya Mark adalah pria yang baik. 

3. Laguna

Daya tarik novel ini adalah Laguna-nya. Laguna adalah ceruk yang terbentuk dari air laut yang tak bisa kembali ke laut dan lama-lama menggenang. Di sanalah Neta sering menghabiskan waktu dan melarungkan kesedihannya. Aah, memang tempat yang indah ciptaan Tuhan selalu menjadi obat mujarab untuk hati yang sedih ya

"Lelaki tanpa komitmen adalah lelaki yang tidak yakin dirinya sendiri, tidak percaya atas kemampuan diri, terlebih tidak bisa bertanggungjawab atas tindakan yang sudah diambilnya. Neta percaya itu saat ia dengan berat hati harus melepaskan Galang. Ia mencintai lelaki itu, sangat. Tetapi, kalau selama ini mereka berjalan bersama-sama tanpa ada tujuan akhir , apa gunanya?" (halaman 163).

Comments

  1. Setuju banget kalimat terakhirnya tentang lelaki tanpa komitmen. Buku yang tepat untuk mengisi waktu nih :)

    ReplyDelete
  2. Duh sangat menarik sptnya....di gramedia adakah?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Istri dan Suami Yang Dirindukan Surga