Dongeng Menjelang Tidur

Judul: Dongeng Sepanjang Masa, Dongeng Menjelang Tidur
Alih Bahasa: Maria Susanto
Penerbit: PT Bhuana Ilmu Populer
Tahun: 2012
Tebal: 349 halaman
ISBN: 978-602-249-058-8

Ada seorang raja yang memiliki rahasia. Sang raja tidak berani menceritakan rahasianya, termasuk pada Sidney sahabatnya sendiri. Yang tahu rahasia raja hanya tukang cukur raja. Namun karena raja merasa rahasianya cukup memalukan, setiap tukang cukur yang sudah mencukur rambut raja dimasukkan ke penjara oleh raja agar rahasinya tidak tersebar.

Suatu hari di Bulan Juli, giliran tukang cukur bernama Meg yang dipanggil raja untuk mencukur rambutnya. Meg sebenarnya khawatir karena setiap tukang cukur tidak pernah terlihat lagi setelah mencukur rambut raja. Namun Meg tetap pergi mencukur rambut raja. Barulah Meg tahu rahasia memalukan raja saat mencukur rambut raja, yaitu...telinga raja panjang seperti telinga keledai!

Setelah mencukur rambut raja, Meg pun digirng oleh pengawal ke dalam sel penjara. Namun Meg memohon pada raja agar ia dibebaskan mengingat ibunya sedang sakit dan membutuhkannya. Raja jadi teringat ibunya sendiri dan membebaskan Meg dengan syarat Meg memegang rahasia raja. Namun Meg lama-lama tak bisa menahan keinginannya menceritakan rahasia raja karena menurutnya hal itu sangat lucu. Akhirnya Meg menceritakan rahasia raja pada sebuah pohon.


Seorang tukang kayu menebang pohon yang dibisiki Meg dan menjualnya ke pasar. Lalu, seorang pembuat harpa menjadikan kayu itu menjadi sebuah harpa. Harpa itu kemudian dipakai penyanyi Helena untuk bernyanyi di depan raja. Ketika harpa dimainkan, terdengarlah lagu yang sangat aneh, melengking dan sumban. "Telinga raja seperti telinga keledai..." (halaman 24) begitu bunyi lagunya.

Raja sangat marah pada Meg karena membocorkan rahasianya. Namun Sidney menenangkan raja dan mengatakan bahwa mereka semua sebenarnya sudah mengetahui rahasia raja. Menurut Sidney, telinga raja unik dan tak ada kerajaan lain yang memiliki raja seunik raja mereka. Raja pun akhirnya belajar menyukai telinganya apa adanya dan membebaskan semua tukang cukur dari penjara.

***

dongeng anak

Dongeng berjudul "Raja Bertelinga Keledai" di atas merupakan satu diantara dongeng dalam buku berjudul "Dongeng Sepanjang Masa, Dongeng Menjelang Tidur" ini. Dongeng tentang raja bertelinga keledai merupakan dongeng rakyat Irlandia. Ada delapan dongeng dari berbagai negara dalam buku ini. Dongeng tentang petani yang memanen lobak raksasa berasal dari cerita rakyat Rusia. Dongeng tentang pangerang mini yang berukuran sangat kecil merupakan dongeng dari negara Jepang. Dan dongeng tentang sup dari batu dalam buku ini merupakan salah satu cerita rakyat di Eropa. 

Disertai hardcover dan ilustrasi menarik yang berwarna-warni, anak-anak pasti akan menyukai buku ini. Di halaman terakhi, ada keterangan tentang dari negara mana dongeng berasal ada. Inilah keunikan buku dongeng ini, anak bisa mengetahui budaya budaya bangsa lain.

Dongeng merupakan salah satu media penyampai pesan pada anak. Bahkan seorang ahli psikologi mengatakan bahwa dongeng merupakan salah satu bentuk hipnosis pada anak. Jika dongeng memiliki pesan yang positif, ia akan melekat di benak anak dan mempengaruhinya menjadi seseorang yang berkepribadian positif juga. Orangtua bisa memberitahu anak apa hikmah yang bisa diambil dari sebuah dongeng. Dongeng-dongeng dalam buku ini membawa pesan tentang kerjasama, menghargai diri sendiri, menerima pemberian Tuhan, tolong menolong, mengenal budaya bangsa lain, dan sebagainya. 



Comments

  1. wah kok pernah baca dongeng seperti ini di Bobo..bedanya sang Raja punya tanduk..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Istri dan Suami Yang Dirindukan Surga