19 Jurus Menulis Sukses Tanpa Stres


     
Judul: 19 jurus Mabuk Penulis Suktres
Penulis: Adhika Wadana, Ari keeling, dkk
Penerbit: Universal Nikko
Tahun: Agustus 2015
Tebal: 285 halaman
iSBN: 978-602-945821-3

Profesi penulis saat ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Profesi ini cukup menjanjikan jika kita tahu ilmunya. 19 jurus menulis dalam buku ini bisa dipraktekkan untuk melatih kemampuan menulis kita. 9 diantaranya merupakan jurus menulis fiksi, 5 jurus menulis nonfiksi, dan sisanya adalah tips dan trik dalam membuat sebuah tulisan.

Berikut adalah 9 jurus menulis nonfiksi dari 9 penulis berbeda.

1. Menulis novel romance

Buatlah tokoh utama dengan matang dari segi karakter, nama, dan usia. Carilah informasi tempat romantis darimana saja. Buat dialog yang menguatkan karakter, emosi tokoh, dan sesuai dengan kebutuhan cerita. Buat plot yang beragam. Tumbuhkan perasaan saat menulis, dengan demikian diharapkan pembaca juga bisa ‘masuk’ ke dalam cerita. Buat judul yang menarik dan mewakili cerita. Kata-kata dalam novel romance tidak harus puitis. Cari ide cerita dari mana saja dan tentukan sejak awal ending cerita, happy or sad ending. Terakhir, jangan takut cerita kita tak akan bagus.

2. Menulis teenlit berisi

Umumnya teenlit bertemakan remaja dan percintaan. Bahasa yang digunakan pun khas remaja. Hindarilah dialog yang tidak penting agar jalan cerita tidak membosankan. Karakter tokoh juga harus konsisten dan setting harus jelas, bukan tempelan. Jangan lupa, pesan moral harus tetap ada.


3. Jurus menulis horror mistis

Agar sukses menulis cerita horror mistis, ciptakanlah suasana mencekam dan tokoh yang selalu ketakutan. Ciptakan sosok arwah jahat dan mengerikan, serta ciptakan setting tempat yang kelam. Buatlah terror yang tak berkesudahan agar semangat pembaca tak pernah padam. Carilah referensi cerita dan lakukan riset sebanyak mungkin tapi tetap mengedepankan orisinalitas karya kita. Buat outline untuk membantu cerita tersusun rapi. Buatlah shocking opening dan shocking ending yang tak perrnah diduga pembaca.

4. Menulis komedi

Untuk bisa menulis komedi, tentu saja harus bisa membuat kata-kata lucu. Kata-kata lucu bisa dibuat menyerupai pantun, plesetan, dan singkatan. Tokoh-tokoh lucu juga akan membuat cerita komedi semakin lucu. Terakhir, cerita lucu dengan ending mengejutkan, dialog interaktif yang menggemaskan, konflik yang unik, permainan kata atau kalimat jenius dan tokoh cerita yang berperilaku lain dari kebiasaan.

5. Menulis horror komedi

Menulis horror komedi susah-susah gampang karena pada waktu yang bersamaan harus menceritakan horror dan komedi. Judulnya harus khas, yang mencerminkan isi ceritanya adalah horror dan komedi. Begitu juga isi cerita. Dialog, tokoh dan narasinya harus mempunyai unsur horror dan komedi.

6. Jurus menulis novel

Ada 3 fase dalam menulis novel yaitu perkenalan, klimaks dan antiklimaks.Buatlah kerangka tulisan agar mudah mengembangkan cerita. Misalnya, bab 1 kejadian A, bab 2 kejadian B, dan seterusnya.

7. Jurus menulis Fans Fiction

Fans fiction adalah tulisan fiksi dengan tokohnya adalah idola sang penulis. Untuk menulis fans fiction, fokuskanlah hanya pada satu idola. Dengarkan lagu favorit idolamu agar menemukan feel yang pas, jadilah follower idolamu agar mendapat info terbaru tentang idolamu, dan searching berbagai info tentang idolamu untuk memperkaya tulisan kita.

8. Menulis flash fiction

Flash fiction adalah karya fiksi yang lebih pendek dari cerpen. Karena pendek tiulah, penulis harus bisa membuat ending yang mengejutkan.

9. Menulis puisi

Agar bisa menulis puisi, banyaklah membaca karya puisi orang lain lalu segeralaj menulis puisi. Rajinlah berkomentar di dunia maya agar kosakata bertambah dan ikutlah komunitas untuk berbagi ide tentang karya puisi.


Nah, selanjutnya adalah 5 jurus menulis nonfiksi dari 5 penulis yang berbeda.

1. Menulis personal litertature

Personal literature adalah kisah nyata yang dialami penulisnya. Untuk menulis personal literature, pilih angle terunik dari diri dan hdupmu, buatlah tema besar dan ambil cerita hidup yang paling wah. Dan yang utama, roh personal literature ada dalam penceritaan yang mengalir dan renyah.

2. Menulis memoar

Memoar adalah cerita tentang satu bagian dari kehidupan seeorang. Tulislah bagian yang paling menarik, bermainlah dengan majas baik metafore, eufisme maupun satire agar pembaca betah sampai halaman akhir. Beri kutipan agar buku semakin menarik. Menulislah dengan sepenuh hati dan jujur.

3. Menulis blog

Blog menyerupai diary online dimana kita bebas menulis apa saja yang kita mau. Dengan menulis di blog, kita juga bisa mendapat produk gratis atau uang dari hadiah lomba atau job review. Blog juga bisa menjadi sarana mencari solusi jika kita memiliki masalah dan minta pembaca memberikan saran.

4. Menulis nonfiksi untuk diterbitkan

Lihat tema apa yang kita kuasai, misal tips dan trik mendaki gunung. Carilah referensi dan buatlah outline. Mulailah menulis dan lakukan brainstorming jika mandeg. Endapkan tulisan dan lakukan peng-edit-an. Minta seseorang untuk membaca naskahmu dan…kirim ke penerbit!

5. Menulis buku motivasi

Ide tulisan bisa dari cerita keluarga, teman, dan tetangga. Ambillah hal-hal positif dari kasus mereka yang akan dijadikan sebagai tulisan motivasi.

Gimana, kamu sudah siap mempraktekannya? Karena dalam menulis itu praktek langsung lebih utama setelah mendapatkan berbagai teorinya. Semakin sering membuat tulisan, biasanya akan semakin bagus tulisan tersebut. 


Jangan lupa perhatikan tips dan trik penulisan. Dalam buku ini dijelaskan tips dan trik dalam membuat judul tulisan yang menarik hati pembaca. Ada juga jurus menembus media dan jurus memenangkan berbagai lomba penulisan. Jika banyak alasan untuk tidak menulis, kita perlu mempraktekkan 'jurus menghadang 1000 alasan gagal menulis' dalam buku ini. Yang tak kalah menarik, ada juga jurus membuat iklan televisi.

Seru banget kan. Bukan hanya itu, ke-19 penulis dalam buku ini juga memberikan contoh-contoh tulisan mereka yang bisa kita pelajari. Jangan khawatir mumet, bahasa yang disampaikan dalam buku ini ringan. Berbagai istilah kepenulisan yang ada dijelaskan dengan renyah oleh para penulis.

Mudah-mudahan setelah kamu baca buku ini, kamu siap jadi pendekar penulis yang menggegerkan dunia literasi Indonesia!

Oh ya, cover buku ini menarik, bergambar seorang pendekar dengan kertas-kertas bertebaran. Sesuai dengan isi buku yang bercerita tentang jurus menulis. Hanya saja, beberapa lembar halaman yang berlatar warna abu-abu sedikit membuat kenyamanan membaca terganggu. Alangkah baiknya jika tetap berlatar putih dan ilustrasi bisa ditempatkan di satu halaman lain untuk menyegarkan tulisan.

Jika kamu berminat membaca dan membeli buku ini, bisa hubungi penerbitnya, yaitu Universal Nikko dengan kontak yang bisa dihubungi sebagai berikut.

Email: penerbituniversalnikko.com
Telepon: 021 84301481

 

Comments

  1. Wah keren juga bukunya, bisa memotivasi kita buat menulis buku. Alhamdulillah saya sendiri udah lebih dari 3 buku yang diterbitkan.

    Makasih ulasan bukunya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih review-nya, Mbak :)
    Semoga bukunya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. Sepertinya menarik, cocok nggak buat pemula yang mo belajar menulis?
    btw. di toko buku belum ada ya? berapaan harganya?

    ReplyDelete
  4. Hihi.. saya nulis angot2an kak.. :D

    ReplyDelete
  5. Klo saya kayaknya belum bisa menulis romance dan komedi (hahaha jadi berasa garing) krik krik krik
    klo nonfiksi masih mending atau ngeblog :)

    klo nulis puisi cukup disimpan di note facebook ajalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy udah lama ga baca puisi jd ga bisa bikin puisi jg

      Delete
  6. aku baru bisa nulis flashfiction aja, kalo yg panjang sellau kena writers block hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah fungsinya outline biar tulisan ttp pd jalurnya

      Delete
  7. pengen bisa jadi penulis. pengen bisa nge blog

    ReplyDelete
  8. Waaaaaah :3 buku yang menuntun kita jadi penulis banget ya mbak :D

    sekarang suka nulis diblog sih, kalau disuruh nulis, kayaknya paling gampang nulis personal literature deh :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal yg bagus mba nulis d blog setlh itu terbitkan buku!

      Delete
  9. Waktu pertama baca "Sukstres" kirain salah tulis,, hahahaha,, ternyata itu perpaduan sukses dan stress yaaa? Betul apa betul?
    Kayaknya kocak nih buku ya?

    ReplyDelete
  10. kalo saya mah lebih seneng nulis apa saja yang saya tahu, biar gak mudeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama...kalopun gatau, cari referensi dl

      Delete
    2. betul, hitung2 nambah ilmu mbak

      Delete
  11. Keren. AKu butuh nih buku kayak gini. Belakangan suka macet kalau nulis T___T

    ReplyDelete
  12. bukunya cakep nih, boleh boleh..boleh pinjem gk mak nia,hehe.. *mamak gk bondo,

    ReplyDelete
  13. Menarik ya Mbak. Ada 19 .... banyak itu, bagus buat referensi kita ya?
    Kayaknya harus punya nih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak mba ditulis oleh 19 penulis ..lumatan nambah ilmu baru. Sy baru tau ada jenis tulisan fans fiction loh..

      Delete
  14. Silakan teman-teman ke Gramedia. Bukunya susah tersebar di sana, yak. Seluruh Indonesia. Makasih buat Kania susah review buku 19 Jurus Penulis Sukstres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada salah aatu penulis nya nih..makasih mas udah mampir ke blog saya

      Delete
  15. Waah mantaaap nih tipsnya ka, kadang emang suka streess juga kalau mau nulis tapi susah ngembanginnya hihi

    ReplyDelete
  16. Wah mantap nih mbak :D
    cocok banget bagi orang yg lagi belajar nulis ky saya.. Hehhe..
    itu kyknya kemarin ada kompetisinya ya? ane ikut tapi kalah :D

    ReplyDelete
  17. baru bisa nulis di blog yang sederhana saja teh, hihiii. Nanti belajar dulu ke teteh.

    ReplyDelete
  18. nulis apa saja yang ada di otak nih mbak. sesuai pengetahuan dan profesi, itu yang biasa saya lakukan

    ReplyDelete
  19. Bagi saya paling enak nulis di blog mak... hihi *emak males

    ReplyDelete
  20. weeh keren neh. Saya perlu banget neh.

    ReplyDelete
  21. pas banget nih triknya buat blogger baru kayak saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga percaya mba Lubena blogger baru :p udah sering kopdar gitu kok kayanya hehe

      Delete
  22. kalau aku, saat ini malah nyaman dengan blog Mbak. setahun lebih ini tidak tahu kenapa kok mandeg pengen nulis untuk media atau pun meneruskan proyek nulis buku solo. Mudah-mudahan ada rejekinya beli buku yang diulas nih, supaya dongkrak semangat

    ReplyDelete
  23. Kendala paling sering dalam menulis adalah "stuck of idea". tapi nampaknya kitab jurus mabok untuk menulis ini wajib dimiliki deh

    ReplyDelete
  24. nyimak...wih komplit banget ulasannya
    makasih mba :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah