Skandal Bohemia



Judul: Sherlock Holmes Skandal Bohemia
Penulis: Sir Arthur Conan Doyle
Penerbit: Narasi
Tahun: 2008
Tebal: 108 halaman
ISBN: 978-979-168-075-2

Seorang tamu bertopeng datang ke rumah Sherlock Holmes untuk meminta bantuan atas masalah yang menimpanya.  Dengan segera Mr. Holmes dapat menebak bahwa tamu itu adalah Raja Bohemia. Hal itu diketahuinya dari berita di Koran bahwa Raja Bohemia sedang berada di Kota London. Selain itu, kereta kuda mewah yang dikendarainya dan pengakuan tamu tersebut bahwa ia seorang raja, menjadi petunnjukk bagi Mr. Holmes.

Raja Bohemia sedang bermasalah dengan seorang wanita bernama Irene Hadler. Irene adalah wanita yang pernah berhubungan dengan raja. Irene menyimpan foto mereka berdua. karena raja hendak menikah, raja tak mau Irene menyimpan foto itu supaya tidak terjadi skandal yang dapat membuat nama raja dan keluarganya buruk. Raja sempat hendak membeli foto itu, bahkan hendak mencurinya, tapi raja belum juga berhasil mendapatkan foto itu. oleh karena itu, Raja Bohemia meminta pertolongan Mr. Holmes untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.


Mr. Holmes pun melakukan beberapa upaya untuk menolong raja. Dia menyamar sebagai kusir kereta kuda. Pada saat itulah Mr. Holmes tahu bahwa Irene ternyata sudah menikah dengan seorang pengacara. Bahkan Mr. Holmes sempat menjadi saksi pernikahan mereka!

Mr. Holmes pun berusaha masuk ke rumah Irene untuk emngetahui dimana foto itu disimpan. Kali ini ia menyamar sebagai seorang pendeta. Namun entah bagaimana caranya Irene mengetahui bahwa ia sedang dimata-matai oleh seorang detektif. Irene melarikan diri bersama suaminya dengan membawa serta foto yang dicari raja. Raja pun tak pernah mendapatkan foto yang dia cari. Walau begitu, sekarang raja tahu bahwa Irene tak pernah bermaksud membuat skandal dan ia akan tenang melaksanakan pernikahannya. Mm, mengapa begitu? Jawabannya ada di buku ini. 

Cerita di atas yang berjudul “Skandal Bohemia” adalah salah satu cerita dalam serial Sherlock Holmes dengan judul yang sama. Ada 3 cerita dalam buku ini. Semua cerita dalam buku ini menarik dan membuat penasaran. Sebagai pembaca, saya dibuat terkejut dengan berbagai peristiwa yang tak terduga akhirnya. Salut sama penulis cerita detektif yang berhasil mengobok-obok perasaan dan logika pembaca. Menjadi penulis cerita detektif tentu harus punya banyak pengetahuan tentang dunia yang bersangkutan. 


Comments

  1. Keren nih Nia, masih aktif meresensi buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengikuti mood, Ela..lagi ga sempet ikut lomba..refreshing nya baca buku aja :)

      Delete
  2. Tiga-tiganya asyik untuk dibaca tuuh.... :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah