Kartu-kartu di Meja



Judul: Cards On The Table (Kartu-kartu di Meja)
Penulis: Agatha Christie
Penerbit: Gramedia
Tahun: Mei 2012 (Cetakan 5)
Tebal: 328 halaman
ISBN: 978-979-22-7170-6

Siapa yang tak kenal hercule Poirot. Dia adalah seorang detektif jenius dalam buku-buku karya Agatha Christie. Kali ini Mr. Poirot diundang oleh Mr. Shaitana untuk makan malam. Mr. Shaitana bilang, dia punya sesuatu yang menarik untuk diperlihatkan kepada Mr. Poirot. Sesuatu yang berhubungan dengan kejahatan yang dilakukan seseorang di masa lalu!! Mm, kedengaran seperti sesuatu yang misterius. Sesuai dengan namanya, Mr. Shaitana itu memang seperti seorang setan yang selalu ingin tahu dan mencampuri urusan banyak orang. 

Jamuan makan malam di rumah Mr. Shaitana dihadiri oleh beberapa orang. Ada 2 orang dari kepolisian, seorang penulis cerita detektif, seorang detektif, seorang dokter, seorang petualang, seorang janda kaya, dan seorang gadis muda. Sebelum jamuan dimulai, lagi-lagi, Mr. Shaitana bilang bahwa dia sangat antusias untuk mengetahui apakah kejahatan masa lalu yang dilakukan seseorang itu akan terkuak atau tidak. Dia seperti menyindir seseorang. Dia juga seperti ingin tahu apakah pihak berwajib bisa mencium kejahatan yang dilakukan orang itu. benar-benar suka mencampuri urusan orang Mr. Shaitana ini. Pantas saja, sebagian orang tidak menyukainya.


Namun sepertinya tidak ada yang terganggu dengan perkataan Mr. Shaitana. Semua orang makan dengan suka cita, dilanjutkan dengan bermain kartu. Mr. Shaitana membagi dua kelompok pemain. Kelompok satu terdiri dari 2 anggota polisi, satu detektif, dan satu penulis cerita detektif. Kelompok dua terdiri dari seorang dokter, petualang, janda kaya, dan gadis muda. Masing-masing kelompok bermain kartu di ruangan yang berbeda. Setelah itu, Mr. Shaitana sendiri duduk di depan perapian dengan senyum puas.

Semua oang asyik bermain kartu sampai tanpa sadar waktu sudah masuk tengah malam. Semua orang bersiap pulang. Namun, ada yang aneh. Mr. Shaitana diam saja, seperti orang tertidur. Ternyata, Mr. Shaitana telah meninggal. Seseorang telah membunuh Mr. Shaitana dengan sebuah pisau kecil. Benar-benar situasi yang tak disangka-sangka!

Hercule Poirot, 2 orang polisi –Kolonel Race dan  Komisaris Battle- dan penulis cerita detektif, Mrs. Oliver, berembuk. Mereka memanggil polisi dan memberi berbagai pertanyaan kepada 4 tamu Mr. Shaitana lainnya yang dicurigai sebagai pembunuh Mr. Shaitana.

Orang pertama yang dicurigai adalah Dr. Roberts. Setelah ditelusuri masa lalunya, ternyata pernah ada pasien dokter itu yang meninggal setelah ditanganinya. Orang kedua, Mrs. Lorrimer, adalah janda kaya nerusia 60 tahun-an. Dia sering bepergian ke luar negeri dan pemain kartu yang cermat. Di masa mudanya ia pernah melakukan kesalahan dengan membunuh suaminya sendiri. Jadi ia patut dicurigai.

Orang ketika adalah Mr. Despard, seorang petualang. Ia pernah pergi ke Afrika dan terlibat skandal dengan sepasang suami istri teman seperjalanannya. Hal itu menyebabkan sang suami marah dan tertembak. Orang keempat yang dicurigai sebagai pembunuh Mr. Shaitana adalah Anne Meredith. Seorang gadis muda dari keluarga miskin. Dia juga pernah berbuat kesalahan dengan menukar minuman majikannya dengan cat sehingga majikannya meninggal.

Keempat orang itu pantas dicurigai sebagai pembunuh Mr. Shaitana. Hercule Poirot berusaha memahami karakter mereka lewat permainan kartu mereka. Pada akhirnya, pembunuhnya terungkap, sosok yang tak pernah disangka oleh pembaca termasuk saya. Poirot benar-benar cerdik dan jeli memahami setiap situasi. 


Comments

  1. kayanya seru tuh ceritanya, ntar deh dicari dulu bukunya :)

    ReplyDelete
  2. mak penggemar agatha christie juga ya? aku kangen berat pengen baca-baca buku karyanya nih. Tapi sabar dulu, jadi lumayan baca review mak jadi pengobat kangen nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan suami suka baca ini, jadi nebeng deh :)

      Delete
  3. Waduh namanya Shaitana ya? Seram kesannya :)


    Saya dulu penggemar Agatha Christie, waktu SMA sampai awal kuliah. Habis itu belum pernah lagi baca buku2nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah