Seni Berkomunikasi Untuk Meraih Kesuksesan

Judul: The Art of Communication
Penulis: Muchlis Anwar
Penerbit: Bestari
Tahun: November 2014
Halaman: 144
ISBN: 978-979-063-982-9

Menurut Rogers dan D. Lawrence Kincald, komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi antara satu dengan lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengerian yang mendalam (halaman 9).

Sebenarnya, sejak dilahirkan manusia sudah diberi kemampuan berkomunikasi. Saat seorang bayi menangis, itu adalah cara baginya untuk berkomunikasi dengan orangtuanya. Seiring bertambahnya usia, kemampuan manusia berkomunikasi semakin baik. Namun, tuntutan hidup mengharuskan manusia terus meningkatkan kemampuan berkomunikasinya. Beragam profesi yang digeluti manusia mengharuskan memiliki kemampuan berkomunikasi untuk mengantarkannya pada keberhasilan.

Keberhasilan mengasah kemampuan dalam berkomunikasi akan sangat memungkinkan seseorang untuk memahami orang lain lebih cepat, mambangun kepercayaan, membuat orang lain mengambil tindakan, menjual lebih banyak, membuat orang lain memahami sudut pandang kita, mempercepat keberhasilan bisnis, menjadi popular, memperluas hubungan, dan mendapatkan apa yang diinginkan (halaman 23).

Sejak dulu, para komunikator andal telah berdiri di puncak-puncak bisnis, pemerintahan, dan organisasi-oraganisasi besar maupun kecil. Setidaknya, dibutuhkan empat unsur utama untuk menjadi komunikator handal. 
  1. Karakter positif seperti jujur, bisa dipercaya, respek, dan empati.
  2. Wawasan yang memadai, yang bisa didapatkan dengan banyak membaca, melihat, mendengar, dan bergaul.
  3. Menguasai teknik komunikasi.
  4. Penampilan yang baik yang akan menampilkan kepercayaan diri seorang komunikator.
Seorang komunikator harus kreatif dalam menyampaikan informasi agar pesan yang disampaikan lebih menarik dan dimengerti. Contohnya dengan cara bercerita (story telling), analogi, dan terminologi. Komunikator juga harus percaya diri. Komunikator yang percaya diri tampak jelas dari bahasa tubuhnya, tekanan suaranya, dan binar-binar wajahnya. Salah satu cara efektif untuk bisa tampil percaya diri adalah berusaha menjadi pribadi yang dinamis. Beberapa cara untuk menampilkan dinamika pribadi antara lain dengan menunjukkan ekspresi wajah yang lentur, berbicara dengan optimis, bergerak dan bertindak dengan penuh arti, serta menggenggam erat saat berjabat tangan.

Seorang komunikator bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk melakukan perubahan. Tipe komunikator ini disebut karismatik. Pribadi karismatik selain terampil berbicara, juga terampil mendengarkan, memotivasi, dan beradaptasi. Pribadi kharismatik memiliki karakter yang positif seperti sabar, tulus, dan berani. Ia memandang segala hal sebagai proses pembelajaran. Ia memiliki visi yang jelas dan selalu antusias dalam segala situasi. Ia juga menjadi sumber rujukan untuk hal-hal tertentu dan memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran. 

Banyak orang mengeluhkan betapa sulitnya berkomunikasi di depan banyak orang. Ia harus bisa mengatasi kegelisahan, mengorganisir pembicaraan, menggunakan intonasi dan bahasa tubuh yang benar. Siapkanlah mental dan pembicaraan yang akan disampaikan. Susunlah pembicaraan menjadi jelas dan ringkas. Gunakanlah intonasi yang berbeda dan menarik untuk sebuah pesan. Dan, gunakanlah bahasa tubuh yang antusias dan sesuai dengan pokok pembicaraan. 

Buku yang ditulis oleh seorang motivator nasional ini membahas segala hal tentang komunikasi beserta tips-tips yang bisa digunakan. Walau kelihatannya mungil dan ringan, namun isinya lumayan padat dan berat. Banyak istilah komunikasi yang muncul yang mungkin bagi sebagian orang asing. Misalnya analogi, terminologi, persepsi, integritas, respek, kredibilitas, dan semacamnya. Bagi kalangan akademisi dan praktisi, buku ini bisa dijadikan referensi dalam pembelajaran dan praktek. 

Buku ini layak dibaca untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Ibu rumah tangga seperti saya pun tentu perlu kemampuan berkomunikasi yang baik kan. Tentu saja, agar bisa terus harmonis dengan suami, anak, dan tetangga. Lebih dari itu, siapa tahu dengan bekal komunikasi yang baik bisa menghasilkan uang dari rumah. 

Oh ya, dalam satu paket buku ini juga tersedia bonus berupa potongan sebesar 250 ribu rupiah untuk mengikuti pelatihan komunikasi yang diadakan penulis beserta timnya. Selamat berburu buku istimewa ini, teman.


 

Comments

  1. Kalo saya, Mbak .. yang susah itu menata perasaan kalau ngomong di depaan orang. Kalo lagi gak nyaman, atau lagi kenapa2 begitu :)

    Keren bukunya ya Mbak ... keren resensinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mak, sama sih saya juga tak terlalu PD untuk berbicara di depan banyak orang ..:) Makasih sudah mampir mak

      Delete
  2. komunikasi memang ada seninya, tapi kadang kalo di depan orang banyak saya merasa minder, karena merasa nggak terlalu bisa ngomong. Salam kenal. Mari mampir ke blog web saya di ziyad-lagi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sih saya juga...tapi kalo siap bahan kadang berani juga

      Delete
  3. Mengalahkan rasa gentar saat akan berbicara di depan public itu susah sekali.. :)
    Harus butuh latihan terus..

    ReplyDelete
  4. Terimakasih buat mbak Kania yg sdh meresensi buku saya. Semoga bisa memberikan manfaat buat semua pembacanya. Sukses juga buat mbak Kania. www.seniberbicara.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pa sudah mampir ke blog saya

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah