Polisi Sahabatku

Judul: Polisi Sahabatku, Pintar Bersama Polisi
Penulis: Fitria Pratiwi
Ilustrator: Kak Nunu
Penerbit: Visimedia Pustaka
Tahun: 2015
Halaman: 24
ISBN: 978-979-065-235-1

Suatu hari, bu guru bertanya pada anak-anak di kelas tentang cita-cita. Bagas masih bingung apa cita-citanya. Ibu guru menyuruh Bagas mencari tahu berbagai pekerjaan yang menarik di sekitarnya. 

Pulang sekolah, Bagas dan adiknya Tiara, melihat seseorang berseragam sedang mengatur lalu lintas. Bunda bilang, orang itu pak polisi. Polisi bertugas menjaga keamanan lingkungan dan mengatur lalu lintas, kata bunda lagi. 

Tiba-tiba, seorang nenek berteriak. Tasnya telah diambil oleh seorang pencopet. Polisi segera mengejar dan menangkap pencopet. Seorang polisi wanita menenangkan si nenek dan memberinya air minum. Bagas dan Tiara jadi kagum. Mereka ingin menjadi polisi dan polisi wanita saat besar nanti. Kata kakak polisi wanita, kalau ingin jadi polisi harus rajin belajar. 


*** 

Seorang anak jika ditanya ingin menjadi apa, umumnya menjawab dokter, tentara, pemadam kebakaran, guru, atau polisi. Semuanya adalah pekerjaan yang biasa dilihat di sekitar kita dan terlihat sangat keren di mata anak. Termasuk anak saya, yang besar ingin menjadi profesor yang menciptakan ini itu. Yang kecil ingin menjadi dokter biar bisa mengobati orang. 

Citra polisi sempat terkotori dengan berbagai isu negatif yang dilakukan segelintir oknumnya. Misalnya oknum yang terkena korupsi, narkoba, penipuan, dan sebagainya. Tak dipungkiri, sebagian orangtua sempat memandang sinis profesi ini. Padahal, profesi ini begitu mulia karena tugasnya penuh pengabdian. 

Polisi adalah petugas negara yang bertugas menjaga ketertiban dan keamanan, juga melayani masyarakat (halaman 8). 

Buku ini memberikan pengetahuan yang mendidik untuk anak tentang dunia polisi, apa tugas polisi, apa saja peralatan yang digunakan, dan sebagainya. Selain cerita yang menarik, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan dan gambar yang berhubungan dengan dunia polisi, diantaranya: 
  • Menebalkan gambar dan huruf 
  • Mewarnai dan menempel 
  • Mencari kata yang berhubungan dengan polisi dan peralatannya. 
  • Mencocokkan gambar dan kata
  • Mencari perbedaan diantara 2 gambar. 
  • Ular tangga polisi 
  • Dan sebagainya 
Yang menarik, setiap permainan dilengkapi dengan stiker bintang. Jika anak sudah menyelesaikan permainan tersebut, ia boleh menempel bintang di tempat yang disediakan. 

Yuk, kenalkan anak pada profesi polisi! Semoga dengan dikenalkannya profesi terkait dunia hukum sejak dini, anak-anak akan tertarik menekuni dunia hukum kelak.


Comments

  1. Anakku katanya pengen jadi polisi mbaa, tapi berubah2 sih besoknya dia bilang pengen jadi dokter, tukang gambar, penulis, bahkan pernah pengen jadi tukang parkir hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..wah hebat mba..ya, namanya juga anak2..yg dilihat menarik pasti dia ingin menjadi seperti yg dilihat :)

      Delete
  2. Anak saya, jadi masinis. Sampai sekarang masih keukeuh dengan kesukaannya.

    ReplyDelete
  3. asyik ih bukunya, cari ah buat jav...
    kira2 ini khusus polisi aja atau bakal ada buku profesi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya ada mba.ini brandnya Edulaw, jadi profesi2 yg berkaitan dngan hukum kayanya

      Delete
  4. Sekarang banyak buku utk anak2 ya Mak... sayang harganya rata2 masih mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ongkos produksinya muahal kali ya mak jd bukunya jg mahall

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah