Agar Al Qur'an Sehafal Al Fatihah

Judul: Agar Sehafal Al Fatihah
Penulis: Arham bin Ahmad Yasin, Lc, MH, Al-Hafidz
Penerbit: CV Hilal Media Group
Tahun: 2014
Halaman: 172
ISBN: 978-602-14417-7-0

Menghafal Al Qur'an saat ini merupakan satu trend positif, karena tidak saja dilakukan oleh para santri di pesantren. Masyarakat umum dari mulai pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan karyawan juga banyak yang melakukannya.

Di sisi lain, tidak sedikit juga yang beranggapan menghafal Al Qur'an adalah sesuatu yang berat karena persepsi menghafal harus 30 juz. Padahal tidak demikian. Menghafal keseluruhan Al Qur'an hukumnya fardu kifayah. Artinya, jika sudah ada muslim lain yang melakukan, kewajiban tersebut gugur. Sedangkan menghafal sebagian (besar atau kecil) dari Al Qur'an adalah fardu 'ain. Artinya, wajib bagi tiap individu.

Agar hafalan Al Qur'an lancar seperti membaca Alfatihah, berikut beberapa tips dan trik yang bisa dipraktekkan:

- Niat menghafal karena Allah dan paham keutamaan menghafal Al Qur'an ( hal.21)

- Bersungguh-sungguh (hal.33)
Firman Allah SWT: "Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar Kami akan tunjukkan mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik" (QS Al-ankabut:69).

- Sabar dan istiqomah (hal.41)
Rasulullah SAW bersabda: "(Cara mengamalkan) din yang paling dicintai-Nya adalah yang orangnya konsisten atasnya" (HR.Bukhari dan Muslim)

- Membangun keyakinan bahwa menghafal Al Qur'an itu mudah dan ringan (hal. 45)
Firman Allah SWT: "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran. Maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (QS Al-Qomar:17,22,32,dan 40)

- Memperhatikan adab-adab terhadap Al Qur'an (hal. 51): berwudhu sebelum membaca Al Qur'an, membaca taawuz saat mulai membaca, membaca Al Qur'an dengan baik dan benar, khusyuk dan berusaha memahami isinya.

- Special time for special hollybook (hal.63). Tiga kata kunci untuk tips ini adalah: Tetapkan waktu menghafal, waktunya prime time, patuhi waktu yang sudah ditetapkan.

- Tetapkan target sesuai kemampuan (hal.89).

- Strategi menghafal: satu surat sekaligus untuk surat pendek dan satu atau setengah halaman untuk surat yang panjang (hal.75).

- Surat atau halaman yang dihafal DIBACA berulang-ulang minimal 5 kali dengan suara lantang dan tidak tergesa (hal.83 dan 95).

- Menghafal ayat per ayat sampai yang ditargetkan. Setelah hafal, 'ikatlah' hafalan tersebut dengan mengulangnya minimal 5 kali saat itu juga (hal. 103 dan 111).

- Perdengarkan hafalan kepada orang lain yang minimal memiliki kemampuan membaca Al Qur'an dengan baik dan mengerti tajwid (hal. 115).

- Mengulang hafalan (murajaah) minimal sekali setiap hari selama sepekan. Selanjutnya setelah melekat hafalannya, bisa satu kali sepekan (hal. 123).

- Menggunakan satu mushaf saja agar mudah dalam mengingat letak ayat (hal. 131).

- Memanfaatkan setiap kesempatan untuk membaca hafalannya. Misalnya menunggu waktu antara azan dan iqomah, menunggu kendaraan, menunggu acara yang terlambat mulai, dan sebagainya (hal. 139).

- Menjauhi hal yang sia-sia seperti melamun, bergurau, mengobrol yang tidak ada tujuannya, agar banyak waktu dengan Al Qur'an (hal.145).

- Senantiasa berdoa pada Allah SWT agar hafalan tidak lepas.
Firman Allah SWT: "Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Qur'an karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya. Apabila Kami telah selesai membacakannya, ikutilah bacaannya itu. Kemudian, atas tanggungan Kamilah penjelasannya" (QS Al Qiyamah: 16-19).

Tips dan trik di dalam buku ini adalah hasil penelitian dan pengalaman penulis sendiri. Buku ini juga memotivasi pembaca agar terus semangat dalam menghafal Al Qur'an.

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai bagian dari Ahlul Qur'an yang merupakan keluarga-Nya di muka bumi. Aamiin.

Comments

  1. Menarik, mak. Jadi malu kalau lihat anakku hapal surat-surat panjang. :) Thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mak..anak2itu cepat sekali ya hafalnya...

      Delete
  2. Bila diperas dalam 1 kalimat, komitmen dan konsisten ya mbak

    ReplyDelete
  3. betul mak... skrg ini menghapal Alquran bukan hanya para santri, di luar pesantren pun banyak yg ingin menghapal Alquran

    ReplyDelete
  4. Niat, tekad, n konsisten ya Mbak Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba:) walau.pelaksanaanya belum nih aku..

      Delete
  5. untuk menghapal al-quran, saya suka terpicu sama anak-anak yang hapal surat2 panjang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mak.anak2 itu cepat skali ya hafalnya.masih fresh:)

      Delete
  6. Mak Kania....aku juga lagi belajar. Takut nanti anakku nanya 'Ada surat baru lagi?" Sementara hafalanku segitu2 ajaaa huuhuuu. Makasih tips nya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinter ya anaknya jadi memacu bundanya:)

      Delete
  7. Mkasih mba share rangkumannya, barokalloh

    ReplyDelete
  8. cara mengingat kembali bacaan juz yang sudah hafal bagaimana ya? sedangkan juz yang mau di hafal jg masih lumayan banyak...:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Istri dan Suami Yang Dirindukan Surga