Makelar Rejeki Rahasia Penyalur Energi Sukses dan Mulia

Judul: Makelar Rejeki Rahasia Penyalur energi Sukses dan Mulia
Penulis: Jamil Azzaini
Penerbit: Mizania
Tahun: 2012
Halaman: 187
ISBN: 978-602-9255-18-8

Makelar. Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata ini? Ya, perantara. Penulis mengartikan makelar sebagai orang yang mempertemukan kekuatan dengan kekuatan sehingga menjadi kekuatan yang lebih dahsyat. Sementara itu, makelar rezeki menurut penulis dari Malcolm Goldwell adalah konektor. Dalam skala lebih besar, konektor memiliki peran penting bagi adanya perubahan. Konektor menjadi salah satu jalan untuk meraih kesuksesan hidup (halaman 44).

Ada 4 hal yang perlu dialirkan seorang makelar rezeki, disebut dengan 4-ta yaitu harta, takhta, kata dan cinta. 4-ta ini ibarat aliran darah yang harus terus mengalir. Bila ia berhenti mengalir, akan menimbulkan berbagai penyakit di tengah-tengah masyarakat (halaman 47).

Makelar rezeki yang berhubungan dengan harta.

Pertama, penghasilan yang diperoleh gunakan untuk keperluan akhirat, keluarkan untuk zakat dan sedekah. Penulis memberikan kisah seorang sahabat yang tiap hari memberi makan 40 keluarga miskin di sekitar rumahnya. Sejak itu, rezekinya semakin berlimpah.

Kedua, alokasikan penghasilan untuk masa depan dengan menggunakannya sebagai modal usaha. Karena kehidupan yang paling nyaman dalam hal finansial adalah ketika passive income lebih besar dari kebutuhan (halaman 49).

Ketiga, alokasikan penghasilan untuk hari ini dengan hidup sederhana.

Makelar rezeki yang berhubungan dengan takhta

Seseorang yang memiliki jabatan strategis di sebuah perusahaan, tugas utamanya adalah melahirkan calon-calon pemimpin baru. Menyiapkan orang yang siap menggantikan bukan berarti posisi orang itu terancam. Sebaliknya, menyiapkan pengganti agar posisi orang tersebut bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi. Karena sebuah usaha itu harus terus berjalan walau kita pergi untuk suatu urusan atau sekedar jalan-jalan.

Makelar rezeki yang berhubungan dengan kata

Seseorang yang memiliki ilmu dan membagi ilmunya dengan orang lain, maka ilmunya akan bertambah. Mengapa? Karena sebelum menyampaikan ilmu, ia harus mempersiapkan diri dengan membaca, bertanya, dan merenung (halaman 62).

Makelar rezeki yang berhubungan dengan cinta

Menjadi makelar rezeki dalam urusan cinta bisa dilakukan dengan membantu mencarikan jodoh untuk sahabat atau menjadi orangtua asuh bagi anak-anak yatim.

Keuntungan menjadi makelar rezeki antara lain:

Pertama, membahagiakan.
Seorang peneliti dari Universitas Oregon melakukan eksperimen untuk mempelajari aktivitas otak dan memonitor perubahan emosi dan pola pikir. Seorang wanita dalam penelitian ini diberi uang $100. Pusat kebahagiaan di otaknya menunjukkan peningkatan aktivitas. Kemudian dia diberi lagi jumlah uang yang sama namun kali ini dia diberikan kesempatan untuk mendonasikannya. Hasilnya, terjadi peningkatan aktivitas otak yang lebih besar. Penelitian ini dikembangkan dengan mengukur aktivitas otak orang yang melihat orang lain menerima kebaikan, ternyata terjadi aktivitas otak yang sama. Artinya, kita bisa ikut bahagia jika melihat orang lain menerima kebaikan dari orang lain (bukan dari kita) (halaman 84).

Kedua, meningkatkan intangible asset berupa reputasi yang dibangun, pelayanan terbaik pada yang membutuhkan dan nilai-nilai personal yang berkarakter.

Ketiga, bekal mudik ke kampung akhirat.
Kehidupan yang sebenarnya adalah di akhirat, maka kita harus menyiapkan bekal menuju kesana berupa amal soleh. Amal soleh yang pahalanya terus mengalir hingga hari kiamat adalah amal soleh yang melibatkan orang lain.

Keempat, hidup dipermudah oleh alam.
Jumlah energi di alam menurut hukum kekekalan energi bersifat tetap. Jumlahnya sama sejak awal penciptaan sampai kemusnahannya nanti. Setiap melakukan sesuatu, kita mengeluarkan energi. Namun itu tidak sia-sia, karena energi itu tidak hilang dan akan menghasilkan energi baru yang bisa kita rasakan. Misalnya energi untuk mengajar anak tentang kesalehan, akan kembali dalam bentuk bakti anak kepada kita.

Menurut penulis, setiap orang adalah makelar rezeki, hanya berbeda tingkatan dan kapasitasnya. Rezeki yang diberikan juga berbeda-beda sesuai daya tampungnya.

Buku ini mendorong pembaca untuk mengoptimalkan diri menjadi makelar rezeki. Buku ini juga memuat syarat-syarat dan tips agar optimal sebagai makelar rezeki, serta cerita tentang orang-orang yang sukses sebagai makelar rezeki.

Dengan gaya penuturan bercerita, penulis berhasil menyuguhkan bacaan yang sarat hikmah dan motivasi. Tidak heran memang, karena latar belakang penulis adalah seorang trainer. Terkadang, pembaca juga akan tersenyum-senyum mendapati cerita lucu yang penuh inspirasi. Buku ini WAJIB dibaca setiap orang!

Comments

  1. jika ingin punya energi besar jadi lah gardu listrik yang mampu mengalirkan energi ke rumah2 hehe..

    ReplyDelete
  2. ternyata makelar rezeki itu dimulai dari diri kita sendiri ya..yang senantiasa harus ikhlas membantu orang lain...,
    salam dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan :-)

    ReplyDelete
  3. INi bukunya bisa masuk kategori best seller ya mak, karena isinya bagus.. Banyak orang butuh buku ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mak...setiap orang butuh motivasi..salah satunya lewat baca buku ini:)

      Delete
  4. selalu suka buku Jamil Azzaini...keren reviewnya mak..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cerita-cerita Tentang Cinta Lingkungan

Giveaway Buku Republika

Istri dan Suami Yang Dirindukan Surga